Menu Click to open Menus

Cara Menjaga Kesehatan Pernafasan Dari Debu

(1105 Views) Agustus 24, 2015 6:30 pm | Ditulis Oleh Mohammad Amar Shodiq

dWipena.com –┬áBumi yang kita pijak saat ini telah mengalami adanya perubahan berupa berbagai macam percemaran lingkungan, baik itu udara, tanah, air dan lain-lain. Salah satu pencemaran yang kita rasakan adalah pencemaran udara, yakni adanya udara kotor berupa debu yang beterbangan dimana-mana, asap kendaraan bermotor, pembakaran lahan, sampah dan lain-lain. Berkaitan dengan debu sendiri, debu merupakan partikel kecil yang melayang di udara sekitar kita, saat ini keberadaan debu memang tidak bisa terpisahkan dari lingkungan sekitar kita. Di rumah, tempat kerja, sekolah, tempat beribadah dan lain-lain selalu ditemukan apa yang dinamai dengan debu.

Begitu mengganggunya debu sampai-sampai setiap hari kita bersihkan pun debu selalu tetap ada di tempat-tempat yang kita tinggali. Selain akan berpengaruh terhadap kesehatan terutama kesehatan pernafasan seseorang, debu juga berdampak kepada hal-hal yang lainnya seperti mengganggu penerbangan, merusak kehidupan tumbuhan dan lain-lain. Risiko lainnya salah satu organ manusia yang bisa terkena dampak debu adalah paru-paru.

Oksigen merupakan kebutuhan yang diperlukan oleh manusia dalam bernafas,  dikarenakan oksigen mempunyai peran sebagai pemenuhan kebutuhan metabolisme tubuh. Oksigen sendiri tidak memiliki warna,rasa, bau maupun bentuk karena oksigen merupakan salah satu unsur yang sangat penting di dalam kehidupan. Akan tetapi jika melihat keadaan saat ini kebutuhan udara berupa oksigen yang bersih bagi kita terasa sulit untuk terpenuhi, apalagi di kota-kota besar yang padat akan penduduk, kegiatan industri serta kendaraan yang menyebabkan polusi udara.

Kiranya ada beberapa cara yang dapat dilakukan dalam menjaga kesehatan pernafasan agar terhindar dari bahaya debu diantaranya:

  1. Pakailah masker pelindung debu secara rutin

Ketika kita melakukan aktivitas sehari-hari, baik itu bekerja, bermain, belajar dan lain-lain apalagi ketika sedang diperjalanan bepergian jauh, kita dianjurkan untuk memakai masker. Masker berfungsi sebagai pelindung agar terhindar dari debu yang nantinya akan masuk ke saluran pernapasan dan membahayakan organ tubuh terutama paru-paru. Kita sering kali menganggap remeh akan hal ini, dikarenakan berbagai macam alasan yang salah satunya adalah malas karena ribet ketika masker itu dipakai, apalagi bagi orang yang tidak terbiasa memakai masker. Padahal tidak demikian, karena sehat itu bukan untuk orang lain melainkan untuk diri kita sendiri.

  1. Tanam dan peliharalah tanaman-tanaman di depan rumah

Menanam tanaman yang dimaksudkan disini adalah dengan menyediakan pot kemudian diisi dengan tanaman, kita juga bisa menanam pohon yang berbuah semisal mangga, rambutan dan sebagainya di lingkungan bebas di halaman depan rumah. Dengan adanya tanaman di depan rumah selain akan memberikan keteduhan dan kesejukan nantinya akan berguna dalam memfilter debu yang masuk ke dalam rumah kita.

  1. Olah raga teratur

Dengan melakukan olah raga secara teratur akan sangat berguna dalam memperlancar peredaran darah dan metabolisme di dalam tubuh. Selain menyehatkan olah raga juga memberi kesempatan kepada kita untuk bangun setiap pagi merasakan udara segar pagi hari yang masih belum tercampur apapun seperti debu dan asap kendaran bermotor. Lakukanlah olah raga ringan seperti jalan kaki di pagi hari atau lari-lari kecil.

  1. Banyak minum air putih

Perlu diingat bahwa kebutuhan air berbeda-beda antara orang yang satu dengan yang lainnya, karenanya minumlah hanya ketika haus dan sesuai anjuran saja. Karena segala sesuatu yang dikonsumsi secara berlebihan nantinya bukannya menyehatkan, malah berdampak sebaliknya. Salah satu manfaat minum air putih adalah akan memperlancar sistem peredaran darah dan memperlancar sistem pernafasan (paru-paru) yang diakibatkan dari kotoran debu yang masuk, karena air berfungsi untuk mengantarkan oksigen ke seluruh tubuh.

Debu bisa dikatakan memang menjadi musuh bagi kita, selain berbahaya bagi kesehatan, terutama kesehatan pernafasan, debu juga berbahaya bagi kesehatan mata dan lain-lainnya. Karenanya sebenarnya jika kita sadari musuh terberat adalah datang dari diri kita sendiri yang mau apa tidak untuk hidup sehat tanpa mengikuti hawa nafsu dan kemalasan, yakni malas untuk berbuat hal-hal baik yang terkadang sulit untuk dilakukan seperti olah raga, menanam dan merawat tanaman, serta memakai masker.

Tanggal : Cara Menjaga Kesehatan Pernafasan Dari Debu

Hasil Pencarian Pembaca Hari ini :

    Cara menjaga kesehatan dari debu cewek pakai masker motor
Mohammad Amar Shodiq Dipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: