Menu Click to open Menus

Tips Agar Bensin Motor Tetap Irit

(520 Views) Agustus 23, 2015 10:25 am | Ditulis Oleh Mohammad Amar Shodiq

dWipena.com –¬†Bagi sebagian pengendara, khususnya kendaraan bermotor biasanya merasakan bahwa bahan bakar motornya sering kali kedapatan cepat habis, apalagi motor yang dimiliki adalah motor berjenis kopling yang memberikan kelebihan berupa ccnya yang besar dan nyaman ketika dipakai untuk ngebut. Kelangkaan dan mahalnya bahan bakar saat ini memang menuntut kita agar lebih berhemat dalam berkendara, artinya sepanjang ketikan kita memakai kendaraan itu hanya sekedar untuk bermain kesana kemari tanpa memiliki tujuan yang jelas dan bermanfaat mungkin perlu dipertimbangkan kembali, karena selain akan banyak menghabiskan bahan bakar, banyak waktu dan tenaga juga yang akan terbuang.

Bahan bakar memang sudah menjadi kebutuhan dasar manusia saat ini, karena dengan berkembangnya teknologi yang kemudian melahirkan adanya kendaraan memang dirasa telah mengubah gaya hidup manusia. Selain itu juga dengan adanya kenaikan bahan bakar yang terus menerus tanpa memiliki kejelasan terkadang turun dan terkadang naik harganya, biasanya juga berhimbas kepada hal-hal lainya seperti sandang dan pangan.

Kondisi demikian juga berdampak kepada daya beli masyarakat, tak terkecuali bagi para pengendara yang setiap harinya memang menggunakan motor untuk beraktivitas dan bekerja. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips yang kiranya perlu diperhatikan agar kendaraan bermotor irit bahan bakarnya yang dikutip dari berbagai sumber.

  1. Gaya berkendara

Para pengendara laki-laki umumnya lebih menyukai menggeber/memblayer motornya secara berlebihan dengan kecepatan tinggi dan kebut-kebutan dijalan, apalagi anak muda yang masih labil emosinya. Hal ini akan berdampak kepada bensin yang cepat habis, dengan menarik gas motor secara tidak teratur akan menyebabkan asupan bahan bakar yang dibutuhkan akan semakin besar, kiranya hal demikian perlu dihindari yakni dengan melakukan tarikan gas secara perlahan dan secukupnya saja didalam berkendara, juga agar menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

  1. Jangan memanaskan motor terlalu lama, karena teknologi motor seakarang berbeda dengan yang dulu.

Bagi sebagian besar kalangan tertentu, memanaskan mesin motor setiap hari sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa ditinggalkan, padahal jika kita ketahui teknologi  mesin motor yang ada saat ini memiliki perbedaan dengan teknologi motor yang dulu, jadi saat pagi hari jangan memanaskan motor terlalu lama, yang malah bukan berdampak baik ke motor melainkan malah sebaliknya yakni bensin juga akan banyak terbuang sia-sia. Untuk motor keluaran terbaru apalagi yang menggunakan teknologi mesin injeksi biasanya tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama ketika dipanaskan, karena mesin injeksi sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat yang canggih yang salah satu kelebihannya adalah oli bisa langsung mengalir ke sela-sela mesin dan komponen-komponen lainnya.

  1. Beban Motor

Sebagai pemakai kendaraan bermotor, kita kerap kali memaksakan motor dengan dibebani tunggangan yang berat, baik itu membawa beban manusia yang berlebihan, maupun membawa barang secara berlebih. Hal ini akan berdampak kepada daya gedor atau lari dari kendaraan bermotor yang ditunggangi, dengan banyaknya beban yang diangkut melebihi batas muatan yang telah ditentukan, akan membuat pengendara memaksakan motor dengan sering mengegas agar motor tetap kuat berjalan, apalagi ketika melewati sebuah tanjakan. Selain menimbulkan keborosan pada bahan bakar juga tentunya dengan melakukan hal demikian akan membahayakan kita sebagai pengendara.

Kelangkaan dan mahalnya bahan bakar sering membuat kita memikirkan berbagai cara untuk menyikapinya, salah satunya adalah berlaku bijak di dalam kehidupan yakni dengan mengikuti beberapa langkah dan aturan yang berlaku demi menjaga terciptanya lingkungan yang kondusif dan harmonis seperti menghemat bahan bakar. Banyak hal yang bisa dilakukandalam menyikapi kenyataan berupapermasalahan diatas, akan tetapi dari beberapa tips yang ditawarkan kiranya sedikit banyak dapat memberi pengetahuan kepada kita dan solusi sebagai pemakai kendaraan.

Tanggal : Tips Agar Bensin Motor Tetap Irit

Mohammad Amar Shodiq Dipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: