Menu Click to open Menus

Ciri-Ciri Agungnya Islam

(692 Views) Oktober 3, 2015 2:32 pm | Ditulis Oleh Mohammad Amar Shodiq

dWipena.com – Agama Islam di dalamnya mempunyai aturan-aturan mutlak yang diberlakukan bagi penganutnya yang tertuang di dalam kitab suci al-Qur’an. Selain itu, Islam juga mengajarkan tuntunan dan ajaran yang membimbing manusia kepada jalan kebaikan, tentang bagaimana manusia itu menjalani kehidupannya baik itu di dunia maupun di akhirat. Dari agama seseorang belajar dan diatur untuk mengendalikan dirinya, dan diajarkan mengenai segala sesuatu, sehingga mengetahui mana yang baik dan mana yang buruk di dalam kehidupan ini.

Agama Islam merupakan agama yang agung dan mulia, ada banyak ciri yang menjadikan Islam itu agung sehingga menjadi pembeda dengan agama-agama yang lainnya. Salah satunya adalah dari segi ajaran yang termuat di dalam kitab suci al-Qur’an. Kendati jika umat selain Islam dari sejak dulu hendak menghancurkan Islam dan memalsukan al-Qur’an, tapi buktinya sampai saat ini tidak ada yang pernah mampu melakukannya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa ciri yang menjadikan islam itu agung diantaranya.

  1. Penganut agama Islam dan Nabinya

Islam memiliki definisi yang luas, tergantung dari tafsiran dan dari sudut mana kita memandangnya. Salah satu bentuk ciri dari kegungan Islam adalah dari penganutnya yang senantiasa menerima dan menyerahkan diri mereka untuk tuduk dan patuh kepada Allah, sebagaimana kata Islam sendiri yang berasal dari kata Aslama. Keyakinan para penganut agama Islam dapat kita lihat dari dua kalimah syahadat yang menunjukkan bahwa sebagai umat Islam mereka mengakui akan prinsip keesaan Allah, dan mengakui terhadap Nabi Muhammad.

Islam sangat menjunjung tinggi toleransi dengan menghargai persamaan hak-hak diantara sesama manusia tanpa melihat kepada perbedaan kedudukan, warna kulit, wanita ataupun pria, dan kepercayaan. Selain itu juga, peristiwa-peristiwa yang akan terjadi di masa yang akan datang telah diprediksi sebelumnya oleh Nabi Muhammad melalui wahyu dari Allah, dan itu terbukti sampai saat ini, sehingga memperteguh keimanan para penganutnya. Nabi Muhammad menjadi Nabi terakhir pembawa ajaran Islam yang dikaruniai wahyu oleh Allah berupa al-Qur’an sebagai penyempurna kitab-kitab sebelumnya, bahkan segala amal perbuatannya pun menjadi teladan dan sumber ajaran bagi umat Islam.

 

  1. Ajarannya

Setiap agama mempunyai adanya kitab suci yang dijadikan pegangan dan menjadi pedoman  serta sumber ajaran agama tersebut. Dalam pada itu, di dalam agama Islam kita mengenal adanya kitab suci al-Qur’an yang diturunkan kepada Nabi Muhammad yang menjadi penyempurna bagi kitab-kitab suci sebelumnya, selain itu juga al-Qur’an menjadikannya satu-satunya kitab suci yang dihafal oleh jutaan orang diseluruh dunia, al-Qur’an juga merupakan satu-satunya kitab yang paling banyak dibaca meski banyak yang tidak mengetahui artinya.

Isi ajaran al-Qur’an pun sesuai dengan fitrah manusia, sebagai contoh laki-laki suka kepada perempuan. Karena jika ada kitab suci yang di dalamnya melarang manusia untuk menikah, maka kesuciannya perlu diselidiki. Al-Qur’an isi dan ajarannya sesuai dengan fitrah manusia, maka al-Qur’am menganjurkan manusia yang mampu untuk melangsungkan pernikahan. Kemudian isinya juga tidak saling bertentangan satu sama lain, di ayat yang manapun al-Qur’an mengajarkan Allah itu maha Esa. Ajaran al-Qur’an tidak pernah lekang oleh waktu, karena Allah telah menegaskan di dalam al-Qur’an itu sendiri, bahwa al-Qur’an akan dijaga oleh Allah keberadaannya.

  1. Tempat ibadah istimewa

Salah satu hal yang menjadikan ciri dari agungnya agama Islam adalah dengan adanya Ka’bah atau yang kita kenal dengan baitullah di makkah al-mukarromah. Ka’bah memiliki nilai sejarah bagi penyebaran agama Islam yang menjadikannya tempat yang istimewa, karena ketika pergi ke mekah dan mendatangi ka’bah, seorang muslim telah dianggap memenuhi rukun Islamnya.

Selain itu, dapat kita saksikan setiap tahunnya manusia dari berbagai suku, bangsa dan negara datang berbondong-bondong mendatangi mekah dan ka’bah untuk menunaikan ibadah haji. Dengan demikian, ka’bah menjadi ciri dan kebanggaan dari agungnya Islam itu sendiri. Ketika melaksanakan ibadah haji, umat Islam dipersatukan dengan memakai pakaian yang sama tanpa adanya perbedaan satu pun baik itu ia sebagai anak raja, pejabat, orang biasa dan lain-lain.

Selain itu juga tempat beribadah seperti masjid-masjid yang ada di seluruh pelosok bumi ini menjadi ciri keagungan dan keistimewaan Islam, karena setiap hari dan setiap waktu baik itu pagi, siang, sore, malam bahkan sampai pagi lagi, masjid tidak pernah sepi dari pengunjung yakni orang-orang yang melaksanakan ibadah, berdo’a, dan membaca kitab suci al-Qur’an.

Jika ditelusuri lebih lanjut masih banyak hal yang menjadi ciri keagungan Islam itu, namun beberapa hal di atas setidaknya dapat mewakili akan kebangaan kita sebagai bagian dari agama Islam sendiri.

Tanggal : Ciri-Ciri Agungnya Islam

Hasil Pencarian Pembaca Hari ini :

    ciri agungnya islam ciri agungna islam ciri keagungan agama islam
Mohammad Amar Shodiq Dipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: