Menu Click to open Menus

Cara Menjaga Pandangan

(1298 Views) September 20, 2015 12:08 am | Ditulis Oleh Mohammad Amar Shodiq

dWipena.com – Menjaga pandangan memang sangat sulit untuk dilakukan, terutama oleh para lelaki. Kecenderungan yang dimiliki oleh para lelaki memang tidak seperti yang dimiliki oleh para wanita, karena dari kebanyakan kenyataan yang ada, seorang wanita lebih bisa mengendalikan dirinya ketimbang laki-laki dalam hal menjaga pandangan. Akan tetapi, saat ini terdapat adanya fenomena yang membuat para laki-laki kurang bisa menjaga pandangan mereka, dan itu semua dikarenakan oleh wanita yang memang entah itu didasari kesengajaan atau tidak, merasa ingin diperhatikan. Sebagai contoh kita bisa menyaksikan, saat ini begitu banyak perempuan-perempuan yang mengenakan pakaian, akan tetapi seolah-olah mereka tidak mengenakan pakaian sama sekali. Artinya bahwa tidak sedikit dari kalangan perempuan-perempuan saat ini yang memakai pakaian yang mencolok dan ketat, sehingga kelihatan lekak-lekuk tubuhnya.

Adanya fenomena yang demikian tentu membuat ironi, karena laki-laki juga dalam hal ini tidak bisa disalahkan ketika mereka kurang bisa begitu menjaga pandangan mereka. Kemudian apa yang harus dilakukan, berikut ini akan dijelaskan beberapa cara yang dapat dilakukan tentang bagaimana menjaga pandangan dari hal-hal yang demikian itu.

  1. Belajarlah untuk setia

Kesetiaan memang sangatlah sulit untuk dilakukan, apalagi menjaga perasaan hanya kepada orang yang benar-benar telah mempunyai ruang di dalam hati kita, karena perasaan manusia selalu senantiasa mengalami adanya perubahan. Kesetiaan bisa diibaratkan dengan pucuk bambu yang bertengger tinggi menjulang ke atas langit, akan tetapi ia dengan mudahnya terombang ambingkan oleh angin. Dalam hal ini, prinsip harus dibangun dengan berusaha terus menerus menjaga tidak hanya pandangan mata, akan tetapi menjaga hati, meski memang bukan merupakan persoalan yang mudah, tapi jika didasari dengan kemauan yang kuat, maka jalan akan selalu tercipta untuk menjadi lebih baik.

  1. Mendalami ilmu agama dan memperbanyak membaca al-Qur’an

Cara yang ke dua ini dapat dilakukan oleh kita, dengan sering-sering mendatangi pengajian-pengajian rutinan yang diadakan disetiap masjid, melalui lembaga dakwah, ikatan remaja masjid dan lain-lain. Selain itu juga, kita bisa meluangkan waktu untuk mondok di pesantren tertentu agar pendalaman keagamaan kita semakin mantap. Hal demikian kiranya akan memberi manfaat besar bagi kita, sebagai benteng dan pengingat nantinya dari perilaku-perilaku yang menyimpang dari ajaran agama. Namun apabila memang kita tidak bisa menghindar dari ajakan hati untuk memandang apa yang ingin kita lihat, maka hendaknya pandangan itu sebisa mungkin tidak dibarengi dengan syahwat.

Di dalam agama pun Allah swt telah menegaskan di dalam al-Qur’an surat An-Nur ayat 30 yang artinya adalah “Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya, yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat”

  1. Menyadarkan diri bahwa pandangan itu merupakan fotamorgana

Maksudnya adalah dengan menyadari bahwa antara mata dan hati itu terdapat adanya jalur penghubung, jadi kita harus lebih bisa berhati-hati lagi dalam hal menjaga pandangan,  dengan menyadari bahwa kesemuanya itu hanyalah seperti fotamorgana yang menipu pandangan mata kita, dan hanya memberikan kesenangan sesaat. Hal ini sejalan dengan apa yang pepatah sampaikan bahwa “dari mata turun ke hati”, artinya bahwa apa yang kita lihat itu akan memberikan dampak tidak hanya kepada mata yang melihatnya, tapi lebih dari itu juga akan turun dan menggoyahkan hati kita.

Tanggal : Cara Menjaga Pandangan

Hasil Pencarian Pembaca Hari ini :

    menjaga pandangan kata mutiara menjaga pandangan laki laki menjaga pandangan kata kata jaga pandangan kata kata bijak tentang menjaga pandangan jaga pandangan jaga mata jaga pandangan Hati hati untuk selalu menjaga mata dan menjaga hati gambar lelaki menjaga pandangan gambar kata jaga pandangan
Mohammad Amar Shodiq Dipublikasikan dan ditulis oleh Mohammad Amar Shodiq
Tentang Mohammad Amar Shodiq

Usia saya sekarang 24 tahun riwayat pendidikan alhamdulillah lulus tahun 2013 dari UiN sunan Kali jaga Yogyakarta fakultas tarbiah jurusan Pendidikan Bahasa Arab, status masih single alias belum menikah

Categorised in: